Monday, April 29, 2013

Mandiri Butuh Waktu Selama 100 Tahun Untuk Bisa Salip DBS Bank Ltd Singapura


Mandiri Butuh Waktu Selama 100 Tahun Untuk Bisa Salip DBS Bank Ltd Singapura

Bank Mandiri merupakan bank nasional yang memiliki aset terbesar di Indonesia. Namun untuk bisa menjadi bank besar atau paling tidak menyalip DBS Bank Ltd Singapura, Mandiri membutuhkan waktu selama 100 tahun.
Ketua Umum Perhimpunan Bank-Bank Umum Nasional (Perbanas) Sigit Pramono mengatakan untuk menjadi bank besar atau paling tidak sekelas DBS, Mandiri butuh waktu sangat panjang.
“Saat ini aset Bank Mandiri tiap tahun tumbuh 15%, jika tumbuh secara organik, untuk dapat menyalip bank sekelas DBS, mandiri membutuhkan waktu 100 tahun untuk bisa menyalipnya,” ucap Sigit dalam RDPU dengan Komisi XI, Selasa (26/2/2013).
Dikatakan Sigit, untuk bisa mengecilkan jarak dengan DBS salah satu caranya adalah dengan menggabungkan Bank Mandiri dengan bank nasional lainnya.
“Mandiri dan BRI digabung, itu urutan Mandiri di ASEAN bisa dari urutan 8 naik jadi 6, untuk perkecil lagi setelah marger dengan BRI dimerger lagi dengan BNI, jadi jaraknya makin dekat, namun tentunya DBS juga terus tumbuh,” ujar Sigit.
Namun walaupun bank-bank nasional ini digabung, tentunya harus tidak merubah prinsip kehati-hatian. “Dimana prinsip yang harus dipenuhi bank itu harus aman, nyaman, bermanfaat dan kokoh,” tandasnya.
Namun, bukan berarti disini Perbanas mengusulkan agar bank-bank nasional tersebut digabung.
“Kita tidak mengusulkan agar bank nasional digabung, tetapi kita ingin agar kita itu mempunyai bank yang besar, maka kita tidak mau punya bank yang besar padahal kita negara yang besar,” tandasnya.


No comments:

Post a Comment